- Home
- Kulineran
Soeat, Pesan Makanan di Restoran dan Kafe Gak Pake Ribet Lagi
Dengan Soeat, kita hanya perlu memindai QR Code di restoran atau kafe. Proses pemesanan dari memilih menu hingga pembayaran selesai dengan mudah.

SOEAT - Pengalaman makan di restoran atau kafe seharusnya menyenangkan, tetapi bagi banyak orang, proses pemesanan seringkali menjadi sumber frustrasi. Sejumlah kendala yang sering dihadapi adalah antrean panjang saat jam sibuk, sulit mencari meja kosong, dan terutama cara memesan makanan yang berbelit-belit.
Saat restoran atau kafe dipenuhi pengunjung, menemukan meja kosong saja sudah menjadi tantangan pertama. Setelah duduk, kita sering dihadapkan pada menu konvensional yang tebal dan kadang sulit dipahami karena pilihan yang terlalu banyak atau tampilan yang kurang menarik.
Parahnya lagi, proses memanggil waitress bisa memakan waktu lama. Pencatatan pesanan secara manual juga rentan salah, termasuk permintaan khusus yang kadang terlewat.
Contohnya, di banyak food court atau restoran populer saat makan siang, kita harus menghabiskan waktu 10-15 menit hanya untuk mengantre memesan dan menunggu pelayan mencatat pesanan, belum lagi proses pembayaran yang sering menimbulkan antrean di kasir.
Sudah banyak keluhan pelanggan yang berkaitan dengan lamanya waktu layanan, yang secara langsung dipengaruhi oleh inefisiensi dalam proses pemesanan dan pembayaran. Kualitas pelayanan yang buruk ini tidak hanya menurunkan kepuasan, tetapi juga mengurangi potensi transaksi, karena pelanggan memilih pergi atau membatalkan pesanan.
Soeat, Solusi Pemesanan Cepat dan Cerdas
Soeat, sebuah platform teknologi kuliner terintegrasi, hadir menawarkan pengalaman baru dalam memesan makanan, mengubah kendala menjadi kenyamanan serba praktis. Soeat memanfaatkan teknologi untuk menyederhanakan seluruh alur pemesanan. Soeat menghilangkan interaksi manual yang memakan waktu.
Caranya sangat mudah, kita hanya perlu memindai QR Code yang tersedia di meja atau di berbagai titik di restoran atau kafe menggunakan smartphone. Setelah memindai, seluruh proses pemesanan diselesaikan sekaligus mulai dari memilih menu dengan tampilan yang interaktif dan informatif, mencantumkan preferensi pribadi seperti tingkat kepedasan atau alergi, hingga melakukan pembayaran cashless secara langsung.
Bisa jadi, saat kita datang ke restoran atau kafe langganan, mereka sudah paham selera kita. Layaknya kita bilang “Bang, biasa,” kepada tukang nasi goreng langganan yang mangkal di ujung jalan dekat rumah. Bahkan, makanan bisa datang ke meja kita sesuai dengan dengan pesanan yang mendetail dan membayarnya tanpa kita perlu mengucapkan satu patah kata pun kepada waitress.
Menguntungkan Konsumen dan Pengusaha Kuliner
Pendekatan ini secara drastis menyederhanakan proses pemesanan dan meminimalkan interaksi dengan waitress untuk hal-hal administratif. Staf restoran atau kafe bisa lebih fokus pada penyajian makanan dan layanan bernilai tambah lainnya. Penggunaan menu digital web-based memungkinkan restoran atau kafe melakukan update menu dan harga secara real-time, cepat, dan super mudah. Sehingga, menu selalu akurat dan menarik.
Soeat tidak hanya menyelesaikan masalah operasional, tetapi juga memperkuat koneksi restoran dengan pelanggan melalui data yang terkumpul. Platform ini membantu restoran mengumpulkan data preferensi pelanggan secara cerdas untuk membangun program loyalitas yang lebih personal.
"Kami ingin pengalaman bersantap bukan lagi soal menunggu dan antre, tetapi tentang eksplorasi dan personalisasi. Dengan Soeat, kami menempatkan kendali dan kecepatan di tangan konsumen," ujar Risky Akbar, Kepala Pengembangan Produk Soeat.
Menurut dia, melalui teknologi pemesanan berbasis web, Soeat menciptakan jembatan menuju efisiensi operasional dan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi, menjadikan pengalaman kuliner lebih modern, cepat, dan menyenangkan.***